Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Novel Yang Menarik



Mlanapedia, Surabaya - Dari sekian banyaknya orang di dunia ini, ada beberapa orang yang bermimpi menjadi seorang novelis dengan berbagai macam karya nya yang terkenal. Kenapa semua orang ingin jadi penulis novel? itu karena prospek keuntungan nya begitu besar, bisa dibayangkan sebuah novel rata-rata dijual kisaran 60rb keatas bila penikmat novel kita adalah sebesar 5000 orang maka uang 300 juta dapat diraih. Tentu mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah butuh pengorbanan panjang bahkan bertahun-tahun.

KENDALA SEORANG NOVELIS
Seorang novelis mempunyai kendala besar dalam membangun sebuah cerita panjang, tidak semudah orang membikin cerita lalu jadi. Banyak tantangan nya seperti cerita seperti apa? apakah ini menarik? belum lagi kebosanan menggarap berhari-hari sebuah novel, ditolak sana-sini sebuah publisher sastra. Atau kurangnya pembaca membuat semangat kacau bila kalian pengguna wattpad pasti merasakan hal tersebut. Dan paling umum sering terjadi adalah kehabisan ide serta sulit merangkai kata. Untuk mengatasi hal tersebut kita akan bahas setelah ini.

DASAR MENULIS NOVEL
Novelis yang menggarap ceritanya dengan serius ia wajib hukum nya membuat riset terhadap novel yang dia buat, baik riset tokoh,riset alur,riset tempat,riset ilmu pengetahuan, riset waktu. Kenapa penting? mari kita ulas bersama.

RISET TOKOH
Bagaimana tokohnya, sifat nya seperti apa? pendiam,periang atau malah misterius? buatlah tokoh yang unik sebagai contoh Tokoh Ayah digambarkan suka bermain game jadi ayah tersebut katakanlah gamer dan ayah itu mempunyai seorang anak cewek yang sangat dewasa pikiran nya. Nah, kita bisa saja bikin Tokoh anak dari ayah tersebut sebagai tokoh pendamping dari tokoh utama kita. Kemudian untuk tokoh utama nya kita bikin aja jadi seorang gamer profesional. Jadi ceritanya ketika mau deketin si cewek, tokoh utama dekati ayahnya dulu karena antara ayah itu dan tokoh utama sama-sama gamer. Jadi cerita nya nyambung. Kira-kira gambarnya seperti itu.

RISET ALUR
Ini adalah kunci berhasil atau tidaknya sebuah novel. Buatlah alur yang menarik dan tidak membosankan. Konflik nya seperti apa, cara menyelesaikannya bagaimana, rahasia-rahasia apa yang terungkap. Buatlah pembaca penasaran, jangan buat alur yang sedikit-sedikit terungkap.

Sebagai contoh saya akan buat cerita singkat saja dengan judul 
"Tas merah"

Berkas dilimpahkan ke kejaksaan tinggi, polisi ingin mengungkap siapa dalang dibalik pembunuhan berantai ini. Ketika ditelusuri dari apartemen itu dibawah kolong meja terdapat tas berwarna merah di duga tas ini adalah tempat untuk menaruh senjata untuk membunuh si korban karena di dalam tas itu ditemukan bangkai peluru. Saksi yang tak lain penghuni kamar apartemen lain mengatakan pernah melihat ada seorang yang membawa tas tersebut, ia bercerita waktu itu orang yang memegang tas itu sedang bersantai di kolam renang apartemen ini. Polisi kemudian menyisir kolam renang untuk menemukan bukti baru, disana terlihat ada beberapa orang yang sedang berenang, mereka kaget ketika ada kedatangan polisi. Kemudian polisi menyuruh mereka untuk mengosongkan kolam renang. Iptu Ardi yang kala itu meneliti sebuah lantai yang jadi tempat duduk pelaku, menemukan sebuah sidik jari. Ia kemudian meneruskan hal ini ke pimpinan nya.

"Aku tak akan membiarkan engkau mengungkapnya hahaha" Dalam hati Kepala Polisi 

Nah itu dia contoh singkatnya, di atas kita akan berpikiran bahwa dalang pembunuhan itu adalah Kepala Polisi nya sendiri, tapi kalau ceritanya dikembangkan lebih jauh kita bisa saja membuat kepala polisi tersebut sebenarnya bertujuan baik. Maksud disini tujuan kepala polisi sebenarnya bukan bersekongkol dengan pelaku pembunuh tapi karena jabatan. Jadi ia tidak mau Iptu Ardi mengungkap kasus ini, yang dia inginkan adalah ingin diungkap sendiri kasus itu tanpa Iptu Ardi agar bisa dapat jabatan tinggi. Cerita seperti ini bisa membuat pembaca terus-terusan membaca alur yang kita buat, pada dasarnya manusia itu adalah makhluk kepo dan senang hal lucu. Jadi kuharap cerita yang kalian buat ada humoris nya dikit.

RISET TEMPAT
Novel bagus itu latar tempatnya keren dan nyata. Misal di kota bogor disana kan banyak gunung,hawanya dingin, nah ceritakan deh apa saja disana itu, gunung nya berbentuk segi panjang kah,jurang nya apakah dangkal dan sebagainya. Kalau misal novel yang dibuat itu fantasy bagaimana kak? ya bikin tempatnya sendiri, misal contoh wc di dunia nyatakan ada yang jongkok dan ada pula yang duduk, buat aja di ceritamu tempat wc nya berdiri. Novel fantasy itu butuh imajinasi tinggi jadi apa-apa serba kita buat sesuai pikiran kita. Pokoknya cari latar tempat yang unik. Supaya pembaca makin tertarik.

RISET ILMU PENGETAHUAN
Loh kok nyangkutnya ilmu pengetahuan kak, masa kita harus belajar yang ada di sekolah? Maksud Riset ilmu pengetahuan adalah kita wajib tahu data pengetahuan dasar nya, gunanya apa? supaya kita ngerti bahwa ini loh listrik kalau kita pegang reaksi kita bakal kesetrum dan hal ilmu pengetahuan lain nya. Kalau genre novelnya science hal ini amat dibutuhkan. Kalau genre percintaan juga berguna tinggal kita belajar aja ilmu psikolog lalu ilmu itu sisipkan ke novel kita. Cara sisipkan nya bagaimana?

Psikolog itu erat kaitanya dengan ilmu untuk mengetahui sifat dan perilaku manusia. Jadi buat aja karakter tokoh sifat yang umum tapi unik. Atau kalau belum paham silahkan lihat cerita berikut

Pengetahuan Dasar : Listrik kalau ditempelin ke air maka air tersebut dialiri listrik.

Andi dan Bella berkelahi dengan musuh di sebuah gedung, mereka pasrah dan frustasi karena telah dikepung musuh di tambah lagi banjir di gedung itu membuat pergerakan mereka sulit. Andi Pun memikirkan cara bagaimana dia bisa lolos dari kepungan itu ia melihat di depannya ada sebuah meja disana terdapat kabel listrik yang terhubung langsung dengan aliran listrik, Kemudian ia menyuruh Bella untuk menaiki meja tersebut, Lalu ia potong kabel itu dan menempelkan ke lantai yang sedari tadi banjir. Musuh mereka kemudian tersengat semua. Andi dan Bella pun berlari, supaya tidak tersengat juga Andi menali kabel itu di meja.

Cerita di atas keren bukan? itulah gunanya ilmu pengetahuan untuk jalan cerita. Ilmu pengetahuan itu luas jadi manfaatin aja ilmu itu kemudian kemas jadi sebuah novel yang berkesan. 

RISET WAKTU
Gunakan waktu bebas, entah dari masa depan, atau dari masa lalu terserah. Pemilihan waktu di konflik yang terjadi haruslah tepat, jangan tiba-tiba salah waktu. Misal ada tokoh ceritanya pergi ke pusat perbelanjaan, saat berangkat kesana, jam menunjuk pukul 6 pagi lalu kamu tiba-tiba bikin cerita tersebut ngawur, pulang dari pusat perbelanjaan itu 100 tahun kemudian, kalau ceritanya tentang seorang penjelajah waktu gak masalah. Kalau bikin cerita harus disesuaikan dengan logika umum, supaya pembaca tidak bingung.

Diatas merupakan pondasi dasar sebuah novel yang menarik yang saya teliti dari berbagai novel best seller, seperti Harry Potter,Mariposa dll. Setelah kita melakukan riset panjang dan menemukan ide bagus barulah kita bikin kerangka cerita nya.

Kerangka cerita menarik itu terdiri atas Pengantar,Konflik dan Penyelesaian konflik. Disini saya akan bagi beberapa model kerangka yang saya buat sendiri.

A.Model FastKnow

1.Pengantar (bisa berupa flashback masa lampau)
2.Penyelesaian Konflik
3. Konflik
4. Penyelesaian konflik final

Penjelasan : 
Jadi ceritanya model ini, musuh dari tokoh utama mengetahui konflik yang akan dibuat tokoh utama, akhirnya dia menyelesaikan dengan cepat, tapi ketika di selesaikan ternyata si tokoh utama punya konflik cadangan lain nya.

Contoh Cerita 
Pengantar :
Beny akan mengendus kota itu, di sana banyak racun yang disebar pemerintah. Kemungkinan si Beny mengendus besok pagi. Pemerintah kota itu dikabari mata-mata mereka bahwa Beny akan menyerang kota ini. 

Penyelesaian Konflik :
Akhirnya mereka memperketat pengawasan dan menyerbu dulu kota Beny. 

Konflik :
Beny Pun kaget kenapa kota nya di serang dulu. Ia akhirnya tertawa karena proses penjebakan berhasil. 

Penyelesaian konflik final :
Rupanya Beny telah mempunyai rencana lain, ternyata dia tahu bahwa dia di mata-matai.

Seperti itulah contohnya model FastKnow ini.

B.Model luckprob

1.Konflik
2.Konflik
3.Konflik
4.Penyelesaian Final

Model kali ini lebih menekankan masalah dan masalah, kemudian barulah diselesaikan masalah itu secara tuntas dan diselesaikan nya secara tidak sengaja atau hoki aja. Kerangka seperti ini banyak di pakai oleh pengarang cerita yang cerita nya udah populer. Rahasia nya ya ini nih model kerangka nya. Pasti kalian pernah bacakan sebuah cerita, cerita nya itu masalah muluk, terus kita berpikir terus-terus gimana ya nyelesain masalah rumitnya. Rahasia nya cuman satu, yaitu karakter nya di bikin hoki hahaha.

C. Model LoopProb

1.Pengantar
2.Konflik
3.Penyelesaian Konflik
4.Konflik

Model kerangka nya itu berulang-ulang, pokoknya membuat pembaca makin penasaran dan penasaran. Selesai masalah satu, tumbuh masalah lain. Intinya hidup si tokoh kayak sial gitu, gak pernah tenang.

D. Model Secara Umum

1.Pengantar
2.Konflik
3.Penyelesaian Konflik

Secara umum model kerangka cerita biasa nya kayak gini, untuk model yang saya buat di atas dari A,B hingga C itu merupakan kerangka modifikasi saya dari hasil pengamatan dari novel-novel yang sudah populer, seperti mariposa,dilan,harry potter dll.

Setelah kalian paham bikin kerangka cerita kayak gimana kini saatnya buat kerangka novel. Apa bedanya? kalau kerangka cerita adalah struktur tahapan cerita, kalau kerangka novel adalah struktur lengkap cerita tersebut yang lebih komplek.

Tahapan Bikin Kerangka Novel :
1.Tentukan Judul Novel
2.Tentukan Genre Novel
3.Tentukan Inti cerita secara singkat
4.Tentukan Tokoh,Tempat dan waktu setiap bab

Judul Novel
Buatlah judul menarik contoh, ingin buat cerita perang. Judulnya "Tentara Tanpa Senjata" ini bisa membius pikiran pembaca, mereka pun tertarik mengikuti novel anda karena penasaran arti judul tersebut.

Genre Novel
Tentukan genre yang laris di pasaran, misal sekarang musim nya percintaan remaja, buatlah novel tentang percintaan. Ikuti perkembangan.

Inti Cerita
Buatlah inti seluruh cerita yang dibuat, lalu kembangkan. Gunanya supaya kalian konsisten terhadap alur cerita yang dibuat.

Latar tokoh,waktu dan tempat
Tentukan nama tokoh, buatlah super unik, misal namanya Muhammad Ada Aqua atau Santoso tapi si tokoh berjenis kelamin cewek. Untuk waktu, buatlah cerita pada waktu yang indah, seperti bulan juni ada salju dll, lalu tempat, buat cerita dengan tempat amat berbeda misal ada tempat yang misterius, setiap lewat tempat itu ada suara "Welcome to Mobile Legend" setelah ditelusuri ternyata ada sebuah warkop keren. 

UNTUK PEMULA
Buat yang pemula, cara bikin novel itu gampang. Hal yang perlu kamu ingat adalah berceritalah secara detail saya tahu masalah terbesar kalian yaitu gimana bikin cerita nya dan sulit memilih kata bukan? ya udah sih, bikin aja intinya ceritakan secara detail mulai dari tempat nya gimana, suasananya ramai atau tidak, disitu ada apa aja? dll.

Contoh saya mau bercerita tentang konser musik. Kita awali aja cerita perjalanan menuju konser itu, pikirkan hal-hal yang menarik, ini fungsinya apa? supaya cerita tersebut panjang.

Pagi ini ninda akan pergi ke konser musik java jazz, bergegaslah ke kamar dan seperti ala-ala kebanyakan wanita yaitu berdandan sebelum pergi. Setelah semua beres dia pun lekas pergi. Di perjalanan ia mendapat kesialan, mobilnya mogok dan lebih sialnya mogok saat di kemacetan panjang. Ia lalu emosi, hati nya penuh kepanikan mengingat konser itu adalah konser kesukaannya sejak kecil.

Cerita di atas kamu pasti melihatkan, saya bercerita secara detail mulai dari keadaan dirinya hingga masalah yang dihadapi, lalu reaksinya bagaimana, semua saya tulis. Ini seperti kata saya tadi yaitu berfungsi supaya cerita kita panjang. Jangan pedulikan menulis kata apa, imajinasikan kalian ini menulis apa lalu tuangkan. Karena kalau kalian memikirkan kata-kata apa yang harus di pilih, bakal sulit buatnya. Sebenarnya gampang suer gak bohong, kalian kalau bahas gossip aja bisa kenapa bikin sebuah cerita gk bisa? asah terus imajinasi kalian kemudian tuangkan dalam bentuk teks, harus percaya diri. Kalau sudah bisa bercerita barulah ikuti cara bikin kerangka di atas, supaya cerita kalian tertata rapi, enggak kacau cerita nya.




Mungkin itu saja, semoga tulisan ini membantu penulis novel di luar sana. Saya belum dikatakan penulis profesional, banyak kekurangan dan pasti banyak belajar. 

Terimakasih telah membaca jangan lupa share :) dan follow wattpad admin @author_lana

Salam Literasi.