Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sempol Terenak Di Surabaya, Wajib Coba!



Mlanapedia, Surabaya - Panas gini enak nya itu nyemil bos, di surabaya cuaca nya kadang aneh, langit mendung tapi gak hujan, kalau hujan itupun sebentar, kadang langit mendung gak hujan sih, tapi angin nya kenceng om. Entah lah cuaca nya, tidak bisa di prediksi. Kata orang nyemil paling enak ketika cuaca panas itu es buah tapi beda sama saya, cuaca panas ya nyemil apapun.

APA ITU SEMPOL & SEJARAHNYA
Ngomong-ngomong tentang nyemil, pada tahu gak apa itu sempol? Sempol adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka lalu di campur dengan ayam atau perasa ayam, kemudian ketika adonan mengembang di tempelkan ke tusukan bambu. setelah itu di celupkan lah ke telur encer kemudian di masak. Untuk nama nya sendiri kenapa di sebut sempol? itu karena makanan ini berasal dari desa sempol,kecamatan pagak, kabupaten malang.

Cerita di balik populer nya sendiri tak luput dari seorang yang bernama Cak Man, yaitu penjual pertama yang menjual sempol. Sejarah singkat nya dilansir dari windacarmelita.com, dahulu warga desa sempol selalu menjual cilok di daerah malang kota, berbekal inspirasi nya dari cilok tersebut, Cak Man mempunyai ide untuk membuat jajanan unik dari olahan cilok. Singkatnya setelah berhasil membuat, Cak Man pun bingung memasarkan jajanannya, mengingat kata sempol asing bagi warga malang. Lalu iya pun mengubah kata sempol menjadi Pentol Korea, karena saat itu sedang demam nya remaja menyukai hal tentang korea, lantas itupun menjadi marketing kuat Cak Man untuk memasarkan jajanan nya.

Namun setelah berjalannya waktu, nama sempol masih terus di pakai hingga sekarang walaupun Cak Man sendiri menamai jajan itu Pentol Korea.

Hingga kini jajan itu terus mengalami perkembangan pesat dengan banyaknya penjual dan beraneka ragam topping. Itulah sejarah singkat berdiri nya makanan terlezat ini. Sempol juga mulai tersebar di berbagai wilayah jawa seperti jawa tengah dan kini di surabaya sudah banyak orang yang menjual nya, Tapi tahukah kalian sempol terenak yang wajib kalian coba di surabaya?

SEMPOL TERENAK!
Yaps, pada artikel kali ini saya akan membahas jajanan ini, dan sempol mana yang paling enak menurut saya pribadi di surabaya ini dari sekian banyak nya penjual sempol yang ada. Bagi kalian yang belum mencoba jajanan ini disarankan mencoba nya, karena tekstur nya yang kenyal dan gurih. Pokok nya bikin nagih di mulut dan murah karena sempol nya di bandrol harga Rp.500 pertusuk.


Adalah Sempol 85, letak nya di Jl.jagiran no 11 tambaksari surabaya. Dulu nya tempat ini menjual aneka gorengan, namun entah apa yang terjadi beralih fungsi jadi jual sempol, disini juga selain jual sempol, mereka jual tahu bakso serta menerima agen sempol jadi kalau kalian mau jual lagi juga bisa, biasanya sih kalau jadi agen mereka pasti dapat potongan harga khusus. Tapi saya tidak tahu. Untuk menghubungi mereka dapat menghubungi di bawah ini
Nomer Telpon : 081230766685
Terima pesanan juga bagi acara-acara tertentu seperti nikahan dan lain nya, ini saya bukan marketing mereka ya hehehe, saya disini cuman review yang menurut saya terenak. Bisa kalian buktikan sendiri datang langsung ke tempatnya, bagi yang di luar kota lain kali kalau berkunjung di kota saya sempatkan mlipir sini ya, gak mungkin juga kan di kirim via cargo walaupun gambar di atas tertera "Terima Pesanan".


Sempol ini pertama kali saya coba ketika masa sekolah smk dahulu, Teman saya yang mengajak kala itu, waktu itu belum paham jajanan apa ini, saya pun berpikir paling semacam sate ayam. Ketika saya beli dan di makan di rumah eh esok hari nya sehabis pulang selalu sempatkan beli sempol ini lagi. Jadi kecanduan deh sampai sekarang hehehe, tapi ingat jangan berlebihan ya coy.

Sempol 85 ini menurut saya untuk parkir motor harus cari tempat mengingat tempat nya di samping jalan utama pas, bagi kalian yang pakai mobil jangan pesen sempol langsung dari mobil ya, karena dapat menyebabkan macet. Sekitar 100 meter an arah kanan ada ladang sedikit lega, tempat nya dekat soto yang pakai gerobak, coba kalian parkir di situ dan jalan dari situ buat pesen sempolnya.


Gambar di atas merupakan tempat parkir yang cocok untuk motor, lokasi nya sebrang Sempol 85. Parkir di sana ya jangan parkir sembarangan, usahakan kunci ganda serta jangan lama-lama mengingat itu halaman orang. Pokoknya habis beli langsung cari tempat buat makan sempol nya. Walaupun lalu lintas tak terlalu padat, tapi kalau ada halangan seperti mobil terpakir di pinggir jalan, langsung macet soalnya jalan nya sempit untuk ukuran jalan utama.

KANDUNGAN GIZI SEMPOL
Makanan ini tidak cocok untuk penderita diabetes mengingat kandungan karbohidrat nya tinggi dari tepung tapioka tapi bagi kalian yang ingin diet makanan ini cocok untuk program kalian, dengan syarat tepung tapioka nya bebas gluten, apa itu gluten? yaitu suatu zat dari padi-padian,gandum-gandum dan sebagainya yang fungsi nya sebagai perekat supaya bahan yang terkandung pada makanan bisa menempel ke bahan lain, kalau di contohkan seperti kalian ingin membuat telur gulung, coba siram telur gulung nya tanpa campuran tepung yang ada gluten nya pasti telur gulung nya ketika di gulung tidak akan menyatu satu sama lainnya. Fungsi lain adalah sebagai penyatu bahan-bahan agar rasa,tekstur serta kematangan bisa merata. Kandungan ayam pada sempol juga terdapat tryptophan, yaitu zat yang dapat memperbaiki mood kalian. Jadi wajib banget nih kalau mood hancur, makan sempol aja hehehe. Selain itu bahan sempol lainya yaitu telur juga mengandung kolestrol tinggi jadi buat kalian yang kolestrol tinggi hati-hati, karena kalau kolestrol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Oke cukup sekian Review Makanan kali dengan judul "Sempol terenak di kota surabaya" ini hehehe. Semoga menjadi referensi kalian yang hobi makan dan wisata kulineran di surabaya.

#SelamatMbadok :D