Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Memesan Uang Baru Nominal 75ribu Yang Hanya Tersedia 28% Dari Populasi Indonesia

Mlanapedia, Surabaya - Apa itu uang peringatan? Yaitu uang yang di terbitkan Bank Indonesia di waktu tertentu secara khusus untuk memperingati suatu peristiwa besar. Uang peringatan biasanya diedarkan secara terbatas hanya beberapa persen saja dari jumlah masyarakat suatu negara.

Kali ini pemerintah indonesia menerbitkan uang khusus nominal 75ribu di kemerdekaan indonesia yang ke 75 tahun ini. Uang ini termasuk jenis uang koleksi (Commemorative Money) selain berfungsi untuk koleksi, uang ini secara sah dapat di buat transaksi. Rencananya pemerintah indonesia akan mengedarkan uang ini tidak lebih dari 75juta lembar atau sekitar 28% dari populasi indonesia yang bernilai 268juta jiwa. Setiap 25tahun uang peringatan kemerdekaan akan beredar terbatas. Total sudah 3 kali pemerintah indonesia mengeluarkan uang peringatan kemerdekaan jenis koleksi ini. 

Berikut tampilan uang koleksi spesial kemerdekaan indonesia yang diedarkan setiap 25tahun :



TERBARU 2020


Apa manfaat dari koleksi uang khusus ini?
Secara umum selain untuk koleksi pribadi, uang jenis ini setelah mengalami kelangkaan harga jual akan semakin tinggi. 10-20 tahun akan jadi 2-3juta per lembar nilainya bisa lebih tinggi. Cocok untuk investasi.

Bagaimana cara memesan uang koleksi nominal 75ribu ini?
Berdasarkan situs resmi Bank Indonesia. Pemesanan dapat dilakukan di link berikut

Silakan ikuti arahan dari website nya, anda akan di tuntut memilih lokasi penukaran uang koleksi ini sesuai lokasi terdekat di tempat tinggal anda. Setelah itu ikuti arahan selanjutnya hingga tuntas, kemudian tinggal simpan bukti pemesanan kartu seperti berikut :

Silakan anda bisa print bukti pemesanan itu dan bawa saat penukaran uangnya sesuai lokasi dan waktu yang anda pilih. Perlu di ingat uang koleksi ini hanya bisa di tukarkan 1 KTP 1 lembar uang dan siapkan uang tunai senilai 75ribu (50rb + 20rb + 5rb) untuk menukarkan uang seri kemerdekaan ke-75 tahun ini.

Bagaimana cetak ulang bukti pemesanan uang koleksi yang hilang?
Adakalanya kita lupa atau malah menghilangkan data penting seperti bukti pemesanan uang koleksi ini. Untuk itu anda bisa kunjungi link berikut

Silakan anda isi nomer KTP serta email atau nomer telepon yang anda daftarkan dahulu ketika mengisi data pemesanan.

Demikian mengenai "Tentang uang peringatan kemerdekaan dan cara memesan" semoga bermanfaat bila informasi ini bermanfaat silakan share di teman maupun keluarga anda.