Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hemat kuota! Berapa Data Yang di Butuhkan Untuk Melihat Sebuah Video di Internet?

 
 
Berapa Data Yang di Butuhkan Untuk Melihat Sebuah Video di Internet? - Halo coy, kembali lagi bersama saya, pasti yang sudah mengklik artikel ini pengen tahu berapa sih kuota data yang di habiskan untuk satu video, atau yang gila streaming pasti penasaran tuh. Tak mengherankan di pesatnya era digitalisasi semua butuh yang namanya digital, apa-apa serba digital, jam pakai digital,timbangan pakai digital. Kayaknya era analog mungkin nunggu waktu saja untuk punah. Digital itu menurut beberapa ahli IT lebih akurat dalam membaca suatu data, misal kita punya jam, nah jam yang kita punya itu tipe analog yang biasanya penunjuk jam nya pakai jarum, kitapun tak tahu, sekarang di detik berapa beda lagi kalau kita pakai jam digital yang pakai angka untuk penunjuk jam nya, kita juga bisa tahu jam berapa,menit berapa dan detik berapa sekarang.
 
 
 
ERA DIGITALISASI
Nah, di serba digital ini banyak sekali program-program baru, salah satunya yang bernama "Internet", sebelum ada internet orang-orang dulu itu memanfaatkan surat sebagai wadah informasi, entah informasi untuk mengirim pesan kepada seseorang, yang penting bukan surat cerai ya! ataupun keperluan lain. Di digitalisasi sekarang mengirim pesan pun cukup mudah hanya perlu jentikan jari, pesan langsung terkirim saat itu juga.
 
 
Namun dari semua itu masih banyak yang mengeluh tentang internet mahal,internet lemot. Bro bayangin aja, dulu itu kalau kita ngechat orang butuh waktu berhari-hari karena pakai surat, lah sekarang cuman gara-gara masalah lemot beberapa jam pada emosi terus bakar rumah. Terus mahal, menurut saya itu sih relatif ya, seperti paket internet telkomsel yang terkenal mahal namun layanan nya juga setara harganya kok.
 
 
Ya sudah lah ya ketimbang basa-basi kesana kemari langsung topik saja ya, btw tadi sebenarnya cuman basa-basi biar panjang aja sih ini artikel huahahaha. Biar kalian suka baca.
 
 
BERAPA MB UNTUK LIHAT VIDEO 360P DI ZENIUS?
Pada kali ini saya akan mengajak kalian hitung-hitungan. Disini saya akan mengambil sampel dari situs Youtube dan Zenius. Untuk kualitasnya sendiri saya ambil berdasarkan standart IQVS(Imaging Quality View Standart) istilah ini saya buat sendiri sih hehehe, jadi kalau habis ini ada yang search googling "apa itu IQVS" bodoh sekali, karena saya jamin gak ada wkwkwk.
 
 
Untuk versi saya sendiri, kualitas video, 360p itu adalah kualitas yang cukup untuk melihat sebuah video. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun kualitas di angka itu responsif terhadap banyak layar, kecuali layar ukuran bioskop ya. Maksud responsif sendiri adalah gambar tidak pecah saat di buka di mana saja entah di laptop,hp dan tablet. Jadi enak di lihat di mata selain lihat duit. 
 
 
Pada sampel penelitian ini saya menggunakan 2 situs, situs pertama yaitu situs raksasa streaming video bernama YouTube dan yang kedua situs zenius. Bagi anak calon maba dan siswa pasti tahu situs ini. Sebuah situs yang menyediakan les online berbayar untuk persiapan tes kuliah dan sebagainya yang di lengkapi video berupa penjelasan tentang apa yang di pelajari. Artikel ini di tunjukan untuk kalian yang sekarang pakai zenius,quipper dll atau yang gemar streaming video. Cocok nih buat referensi kalian.
 
 
Berapa sih data yang di butuhkan untuk melihat video durasi 2 menit di zenius?
 


Di sini saya tes menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite, bisa di lihat di bawah tulisan "Kecepatan" terdapat kata "Seluler" dan mendapati angka 1,1mb saat saya putar video dari zenius dengan durasi 2 menit. Awalnya saya tak percaya dan saya putuskan tes ulang. Dan hasilnya sebagai berikut.

   

Hasilnya sama seperti tes pertama, ini membuktikan bahwa tes ini akurat. Selanjutnya mari kita hitung berapa mb untuk video durasi 1 menit. Tinggal kita bagi 2 saja.

1.1mb : 2 = 0,55mb

Hanya menghabiskan 0,55mb untuk video durasi 1 menit. Lalu bagaimana kalau kita menonton video dengan durasi 1jam?   

1jam = 60menit
berarti 0,55mb x 60 = 33mb/jam

Jadi cuman butuh 33mb untuk menonton video durasi 1 jam dengan catatan format 360p dan video setengah, maksud setengah disini adalah videonya tidak fullscreen seperti yang saya tunjukkan berikut

 

Beda lagi ya kalau tampilan video nya fullscreen, maka akan mendapati hasil sebagai berikut

 

Maka akan saya hitung cepat untuk menemukan angka pasti dari video fullscreen di atas di durasi 1 menit,1Jam dan 1hari, hasil nya berikut ini


3.1mb : 2 = 1.55mb/menit
1.55mb x 60 = 93mb/jam
93mb x 24 = 2,232mb/hari
2,232mb = 2,2gb


Isi video nya pun cuman sebatas coretan, tidak ada gambar ataupun video live beda lagi dengan yang video versi fullscreen terdapat gambar. Mungkin angka 33mb wajar bagi saya untuk yang versi coretan tanpa gambar dan layar setengah, dan yang fullscreen 1.55mb per menit. Saya lihat situs zenius ini cukup ramah kuota internet bagi penggunanya mungkin sudah di desain jauh-jauh hari oleh developernya. Untuk kalian yang ingin tahu berapa kuota yang habis untuk akses zenius ini, tinggal menyesuaikan saja waktu belajar kalian berapa jam perhari. Misal 6 jam perhari tinggal hitung. 

33mb x 6 = 198mb/6 jam

Ini berlaku untuk versi coretan tanpa gambar dan layar setengah dan untuk versi fullscreen sudah saya jabarkan sebelumnya. Cukup irit bukan? ideal nya belajar per hari itu 3 jam tapi kalau kalian ingin ngebut kejar kursi PTN(Perguruan Tinggi Negeri) ya tak masalah. Tapi jangan lupa istirahat ya coy biar sehat santosa.

 

BERAPA MB UNTUK STREAMING BIASA?

Bagaimana untuk pengguna umum? misal streaming video vlog,review dll atau katakan lah nonton video biasa dengan kualitas 360p. Saya pun mendapati angka yang mengejutkan berikut



  



Dengan durasi 1 menit dan kualitas gambar 360p saya mendapatkan angka 4.5mb per menit. itu berarti ketika kita ingin menonton video selama 1 jam


4.5mb x 60 = 270mb/jam

270mb x 24 = 6.480mb/hari
Bila di konveksi ke gigabyte jadi 6,4gb/hari



Lumayan boros ya ternyata streaming video, bagaimana kalau kualitas nya di turunkan jadi 240p? Maka akan dapat berikut

 

Langsung hitung aja ya coy biar gak lama-lama, mari..

2mb x 60 = 120mb/jam
120mb x 24 = 2.880mb/hari atau 2,8gb/hari

Ternyata sama aja boros nya wkwkwk, tapi setidaknya ngirit 3,6gb ya coy daripada video kualitas 360p tadi. Untuk kualitas gambar nya pas kita lihat akan seperti ini untuk kualitas 240p

 


Ya lumayan lah gak pecah-pecah amat gambar nya wkwkwk. Oh iya gambar di atas saya screenshot dari Channel YouTube Zenius.

 

KESIMPULAN

Gunakan bijak kuota data internet anda untuk seperlunya, bagi yang lagi tahap belajar persiapan UTBK saya saranin pakai kartu smartfren pakai paket data unlimited 30hari karena fup per hari 1gb, Tahu fup gak? sedikit info, Fup adalah Fair Usage Policy yang mana ini adalah kebijakan batas data wajar pemakaian data internet, jadi walaupun ada kata "Unlimited" tetap ada batas nya, tapi beda nya kalau Unlimited misal sudah batas data nya masih bisa digunakan internet namun speed koneksi nya di turunkan beda lagi yang pakai kuota, paket data habis ya gak bisa akses internet. Paket smartfren unlimited ini pun murah, cuman 70k/bulan sudah dapat fup 1gb/hari. jadi misal hari ini 1gb habis, besok di kasih kuota lagi 1gb sampai 1 bulan. Silakan bandingan dengan provider lain seperti Indosat,axis,three masih murah smartfren.

 

Ya sudah cukup disini ya coy, kepala saya pusing ketika nulis artikel ini, butuh banyak riset soalnya hehehe. Di lain waktu saya akan buat artikel penelitian lain nya, Tunggu saja soalnya saya juga sibuk hehehe..

 

Terimakasih sudah berkunjung semoga kalian sehat #TemanInternetKu

 

JANGAN LUPA SHARE YA ARTIKEL INI, BIAR TEMEN KALIAN JUGA TAHU TENTANG INI :)