Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Selesaikan Masalah Motor Matic Honda FI di Gas Nyendat



Mlanapedia, Surabaya - Menyelesaikan masalah motor matic honda fi di gas nyendat, Di sini saya mau bagikan pengalaman motor matic honda scoopy 2015 (All Honda fi esp iss juga berlaku) saya yang bermasalah, pokok nya kalau di gas yang seharusnya bikin motor makin cepat malah kerasa kayak kehabisan bensin.


Sempat frustasi karena saya service motor ini di 5 bengkel berbeda dan motor ini baru di belikan kakak bekas, Bengkel pertama mengatakan kabel gas dan selang bensin yang bermasalah, kemudian beberapa jam setelah service hasilnya sama saja, saya memanfaatkan garansi service bengkel tersebut biar kalau ke situ lagi gk bayar, namun hari demi hari tak kunjung selesai masalah, akhirnya mereka pasrah dan menyarankan ke ahass terdekat, saya ikuti saran nya, di ahass gk sampai 10menit motor sudah di service.


Prosedur mereka hanya mereset sensor-sensor di mesin motor saya. setelah kami sudah selesai di ahass, gak jauh jarak nya tiba-tiba motor kembali bermasalah lagi, saya putar arah kembali ke ahass lagi, dan lagi-lagi mereka butuh waktu beberapa hari, singkat cerita saya pun ikuti arahan nya, kembali ke ahass dan motor tetep bermasalah.


Teman menyarankan ke bengkel motor langganan nya, saya ke sana masalah nya pun sama, tetap tidak bisa, malah di suruh beli tps, sudah saya belikan tetap hasilnya sama saja, dan saya pun ke bengkel ke 4, di sini tak banyak perubahan hanya tau untung saja, bukan nya motor saya di perbaiki dan sembuh, malah menyarankan ke bengkel resmi mpm, habis 75rb saya di bengkel ke empat ini, cmn buat biaya bongkar dan beli karet bensin.


Setelah melalui semua itu saya telpon yang punya motor pertama lalu katanya suruh ke bengkel teman nya, saya sempat ragu-ragu palingan cuman cari untung lagi bengkel itu, inti nya saya pesimis sekali karena sudah habis 500rb lebih cuman buat biaya bongkar namun hasilnya tidak ada. Namun niat itu saya optimiskan karena pemilik motor pertama mau membiayai service ke 5 ini, oh iyo di bengkel tadi seperti ahass dll saya telah ganti busi,socket injektor,tps dan karet bensin, namun pergantian ini di bengkel yang berbeda-beda. dan di bengkel ke 5 ini saya service, saya sempat berpikiran kalau motornya tetap brebet dan nyendat-nyendat, ya sudah saya pasrah saja, saya biarkan saja. tapi keajaiban apa tiba-tiba motor ini sembuh total. Wasiat mekanik bengkel tersebut, kalau motor matic injeksi lampu indikator mesin tidak berkedip-kedip bukan masalah harus di reset motor melainkan problem di sensor fisik nya langsung di mesin, penyebab rusak nya sensor banyak hal, mulai dari pernah kecelakaan di jalan, mengaktifkan fitur iss yang ketika berhenti 3 detik mesin mati sendiri, ibarat nya seperti ini, anda punya lampu lalu lampu di rumah anda di buat mainan anak anda, kalau lampu nyala mati otomatis konslet bukan?seperti itulah logika nya, usahakan langsung minta bongkar jangan mau di minta reset motor itu buang-buang waktu dan uang, Saya sendiri di ahass biaya riset motor juga lumayan, sekali reset 50rb



Ketika saya sudah service di bengkel ke 5 ini tarikan nya lebih enteng, dan masalah nya adalah dari injektor nya, motor kembali normal, bahkan ketika saya gas pelan biasa nya brebet tapi sudah tidak, saya tak begitu percaya akhirnya saya putuskan buat jalan keliling jauh dan alhamdulilah ndak ada masalah, cuman mau berbagi pengalaman saja kalau di bengkel usahakan bengkel yang menerima matic honda fi, jangan sungkan juga minta garansi service supaya kalau ada masalah lagi bisa gratis dan ketika sudah service tetep brebet tolong tanya saja prosedur nya tadi yang di cek apa saja, motor brebet itu kemungkinan nya sebagai berikut sensor tps eror,busi,kabel socket sudah soak,fuel pump bermasalah dan yang terakhir injektor (berlaku all honda fi esp iss) selain itu tidak ada lagi.


Demikian pengalaman saya ini semoga bermanfaat bagi banyak orang, dan kalau budget nipis jangan coba-coba servis di honda resmi yang bengkel servis nya besar, Saya pernah pengalaman cuman nanya servis, customer nya bertele-tele dan teoristis dan paling saya benci motor harus di tinggal beberapa hari, setelah mau pengambilan langsung kenak 1jt aja tagihan nya, komponen yang belum massa nya di ganti, di ganti aja tanpa pemberitahuan, lebih baik di bengkel biasa biaya lebih murah, pelayanan cepet dan berpengalaman.